cover
Contact Name
Idola Perdini Putri
Contact Email
charity@telkomuniversity.ac.id
Phone
+6282262130800
Journal Mail Official
charity@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
https://journals.telkomuniversity.ac.id/charity/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : 26555336     DOI : https://doi.org/10.25124/charity
Journal of Charity is one of the scientific publication journals published by the Directorate of Research and Community Service (PPM), Telkom University. The aim of Charity is to build effective communication channels between stakeholders including academics and research institutions, the business world, government and society. In addition, it also aims to promote and disseminate research results in the development of theory and practice of community service, especially in Indonesia. Charity welcomes empirical and theoretical articles that discuss the Results of Community Experience. Manuscripts suitable for publication in Charity include domains such as business strategy and policy, entrepreneurship, Financial and Accounting Studies, human resource management, marketing, organizational behavior, organizational theory, Appropriate Technology and research methods implemented through Community Service.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 10 Documents clear
Penyusunan Kalender Masa Tanam Untuk Optimasi Produk Sayuran Organik Dalam Mendukung Program Diversifikasi Olahan Pangan B2SA Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata Sri Suryani Prasetiyowati
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2041

Abstract

Seiring dengan berkurangnya lahan terbuka di desa Lengkong karena program pengembangan kawasan perumahan, maka program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang telah dicanangkan oleh pemerintah menjadi sulit untuk diimplementasikan. Sehingga dengan program pemberdayaan wanita di desa lengkong dan optimalisasi lahan terbuka dan lahan pekarangan yng ada, terbentuklah Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata di desa Lengkong Setelah berjalan 10 bulan, KWT Kreatif mulai dapat meningkatkan produksinya, dan mulai dapat memenuhi warga masyarakat sekitar dalam bentuk konsumsi sayur dan ikan, selain mentah juga diolah menjadi beragam produk makanan inovatif. Olahan pangan tersebut diharapkan dapat memperhatikan aspek Bergizi, Berimbang, Sehat dan Aman (B2SA). Salah satu hal mendasar selain untuk ketahanan pangan, perlu adanya olahan pangan di KWT Kreatif adalah produksi sayuran yang berlebih, dan kadang-kadang proporsinya belum seimbang. Tetapi saat ini, program tersebut belum dijalankan oleh KWT Kreatif, karena keterbatasan pengetahuan, peralatan dan pendanaan untuk menuju olahan pangan berbasis B2SA. Oleh karena itu perlu suatu metode untuk optimasi volume produksi sayurannya melalui penyusunan kalender masa tanam sayuran organik KWT Kreatif Permata.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) di PTPN 8 PERKEBUNAN CIATER - JAWA BARAT Mira Rahayu; Marina Yustiana L; Widia Juliani
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2070

Abstract

Beberapa kasus terjadinya kecelakaan di tempat kerja sudah tidak menjadi rahasia umum lagi. Hal demikian bisa muncul karena adanya keterbatasan fasilitas keselamatan kerja, juga karena kelemahan pemahaman faktor-faktor prinsip yang perlu diterapkan perusahaan. Filosofi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam memandang setiap karyawan memiliki hak atas perlindungan kehidupan kerja yang nyaman belum sepenuhnya dipahami baik oleh pihak manajemen maupun karyawan. Karena itu perlu ditanamkan jiwa bahwa keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan bentuk kebutuhan. PTPN VIII, Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan teh yang terletak di Kebun Ciater merupakan salah satu perusahaan yang beroperasi selama 24 jam. Perusahaan harus memberikan keselamatan dan kesejahteraan pekerja yang akan memberikan feedback terhadap pekerja yang akan memberikan hasil yang baik. Kapasitas teh yang akan di olah lebih banyak dari pekerja yang memberikan konsekuensi terhadap perpanjangan jam kerja pekerja,untuk itu perusahaan memberikan alternatif dengan memberlakukan shift kerja. Dalam rangka tri dharma perguruan tinggi, kami para peneliti dosen Universitas Telkom berupaya merealisasikan program kegiatan PkM Multiyears yang ditawarkan institusi yang bekerjasama denga mitra yaitu PTPN VIII, dengan judul Perancangan dan Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PTPN VIII Perkebunan Ciater - Jawa Barat, dengan luaran berupa Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Penyuluhan Alat Pelindung Diri (APD), Gerakan senam untuk kesehatan kerja serta Buku Panduan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
IMPLEMENTASI MEDIA BRANDING BAGI SENTRA UKM REST AREA PASIR JAMBU Bijaksana Prabawa; Rizki Yantami Arumsari; Wirania Swasty; Aldi Hendrawan; Citra Puspita Sari
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2185

Abstract

Sentra UKM Rest Area Pasirjambu merupakan sekelompok UKM yang bergabung dalam sebuah sentra di wilayah Rest Area Pasirjambu, tepatnya berlokasi di Jl. Raya Pasir Jambu KM 10, Ciwidey, Bandung. Sentra UKM Rest Area Pasirjambu terhitung masih baru didirikan, yaitu pada pertengahan 2017. Kondisi ini menyebabkan brand awareness dari masyarakat sekitar dan pengunjung rest area pasirjambu masih rendah. Tentu saja hal ini membutuhkan strategi bisnis tertentu salah satunya adalah dengan melakukan penguatan Brand. Oleh Karena itu, pada pengabdian masyarakat kolaborasi internal ini akan dilakukan formulasi strategi Branding melalui implementasi pada berbagai media Informasi dan komunikasi seperti media interaktif (website dan social media), media identitas perusahaan (logo, stationary, sign system, seragam, dsb), dan media persuasi/ promosi. Dengan penerapan media informasi dan komunikasi yang terintegrasi diharapkan tujuan dalam meningkatkan tingkat kunjungan sekaligus penguatan brand Sentra UKM ini dapat terwujud.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI, WEB CONFERENCE DAN VIDEO MULTIMEDIA UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN KEGIATAN KKN TEMATIK CITARUM HARUM Rina Pudjiastuti; Agus Pratondo; Mochammad Fahru Rizal; Kurniawan Nur Ramdhani
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.1650

Abstract

Keadaan lingkungan sekitar Citarum telah banyak berubah sejak paruh kedua dasawarsa 1980-an. Industrialisasi yang pesat sejak akhir 1980-an di kawasan sekitar sungai ini telah menyebabkan menumpuknya limbah buangan pabrik-pabrik di Citarum. Secara umum persoalan Sungai Citarum terbagi menjadi tiga daerah yaitu hulu, tengah, dan hilir. Pada bagian hulu terjadi penggundulan hutan yang menyebabkan erosi dan pencemaran bahan kimia pertanian sebagai akibat dari penggunaan pestisida. Pada bagian tengah terjadi pencemaran limbah domestik dan limbah medis yang berpeluang merusak ekosistem air tawar. Pada bagian hilir terjadi sedimentasi dan pencemaran limbah industri. Universitas Telkom sebagai salah satu kampus yang terletak di DAS Cikapundung, yang merupakan anak Citarum, terpanggil untuk berperan serta dalam mensukseskan progam Citarum Harum melalui program pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan output teknologi tepat guna melalui beberapa program. Pertama, sistem informasi program KKN tematik Citarum Harum yang mampu mengkoordinasikan, memonitor pelaksanaan, dan mempublikasikan pelaksanaan KKN di seluruh kampus di Propinsi Jawa Barat, Jakarta dan Banten. Kedua, video mengenai kondisi sungai terkini, rencana program KKN tematik Citarum Harum, dan hasil yang diharapkan. Ketiga, sistem komunikasi web conference yang memungkinkan komunikasi video secara real time, dengan teknologi sederhana dengan kualitas baik (menggunakan web conference).
SOSIALISASI DAN PEMANFAATAN VIDEO INTERAKTIF PADA SITUS YOUTUBE DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK-ANAK Ady Purna Kurniawan
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2013

Abstract

Pendidikan adalah modal awal seorang insan manusia menjadi karakter yang akan dibawa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Metode yang salah dalam mendidik anak dalam usia dini akan berdampak pada sifat dan karakter anak tersebut sehingga menjadikan anak tersebut tidak dapat diterima oleh masyarakat. Teknologi sudah memberikan beberapa alternatif dalam membantu proses pendidikan kepada anak-anak, salah satunya situs Youtube yang menyediakan konten-konten pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh orang tua dalam merangsang anak untuk mengetahui banyak hal. Namun pengawasan tetap harus dilakukan oleh orang tua anak karena terdapat banyak konten yang tidak pantas dilihat oleh anak-anak. Kegiatan pengenalan dan sosialisasi telah dilaksanakan menggunakan metode share and practice kepada masyarakat sasar walaupun sebanyak 89,5% peserta telah menggunakan aplikasi Youtube sebelumnya, namun 84,2% peserta belum pernah menggunakan aplikasi Youtube Kids dalam pengajaran kepada anak-anak. Setelah kegiatan berlangsung, sebanyak 95% peserta berminat menggunakan aplikasi Youtube dan Youtube Kids dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka.
Pembuatan Prototipe Alat Pencucian Galon serta Pelatihan Sistem Kerja dan Pemeliharaannya di CV Barokah Abadi Baleendah Bandung Fransiskus Tatas Dwi Atmaji; Husni Amani; Dida Diah Damayanti; Agus Kusnayat
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.1877

Abstract

Proses pencucian galon oleh CV. Barokah Abadi Baleendah saat ini masih belum optimal karena masih dilakukan secara manual. Selain itu, prosesnya masih membutuhkan beberapa kegiatan yang terpisah menggunakan sarana yang berbeda baik untuk pencucian maupun untuk proses pembilasan galon. Akibatnya proses pencucian galon memerlukan tempat yang relatif luas dan membutuhkan waktu proses pencucian yang relatif lama. Paper ini bertujuan untuk membuat sebuah prototipe alat bantu pencucian galon agar proses pencucian galon menjadi lebih efektif dan efisien. Perancangan awal alat pencuci galon menggunakan pendekatan reverse engineering and redesign methodology serta mempertimbangkan dari sisi ergonomic factor. Alat ini didisain dengan menyatukan beberapa proses yang ada menjadi satu proses ditempat yang sama. Disain alat menyesuaikan user experience operator sehingga dapat memudahkan penggunaannya. Dari data, perancangan alat telah menghasilkan sebuah alat pencucian galon dengan kendali PLC mencapai rata-rata waktu mencapai rata-rata waktu 31,07 detik. Hasil ini telah meningkatkan produktivitas pencucian galon, dengan peningkatan sebesar 68% dari proses pencucian eksisting sebelumnya.
STRATEGI PENJUALAN PRODUK BERBAHAN DASAR KELAPA DI BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT ( BKM WONOMUKTI) PAGUYUBAN WARGA DESA MONOHARJO Leni Cahyani
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2105

Abstract

Pangandaran merupakan daerah yang potensi terbesar sumber daya alam apalagi dari sektor parawisata yang sudah lama ada sehingga produktivitas masyarakat sekitarnya berpengaruh kepada pengunjung. Peranan dari daerah terkait dengan adanya pengembangan Usaha kecil yang dikelola oleh BKM Wonomukti, salah satunya adalah gula semut yang merupakan salah satu usaha yang dijalani oleh masyarakat sekitar Pangandaran. Desa Wonoharjo adalah salah satu desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan melalui berbagai strategi penjualan. Permasalahan yang menjadi prioritas dari mitra usaha kecil saat ini pada petani gula semut meliputi yaitu pengolahan gula semut, kreativitas, permasalahan kemasan gula semut sendiri. Selain itu permasalahan pasar belum mampu memanfaatkan peluang yang ada, kurangnya akses, serta belum adanya Kemitraan Usaha. Hasil yang dicapai pada pengabdian masyarakat di desa Wonoharjo sangat besar motivasinya dengan pendampingan yang langsung terjun kepada masyarakat pengrajin gula semut, batok kelapa dan ayaman lidi yang berpotensi tinggi dalam meningkatkan UMKM di Pangandaran. Adanya inovasi kemasan, daya saing jual dan pemasaran melalui web salah satu yang bisa dicapai oleh akademisi dan UMKM gula semut. : Strategi penjualan, Pengembangan pemasaran dan inovasi kemasan, WEB
INSTALASI JARINGAN KOMPUTER DAN SERVER UNTUK MENYELENGGARAKAN SIMULASI DAN PELAKSANAAN UNBK BAGI SISWA KELAS XII T.A. 2018/2019 MA SALAFIYAH AL FALAH BANDUNG Ratri Dwi Atmaja
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.1905

Abstract

MA Salafiyah Al Falah merupakan sekolah yang berlokasi di Jalan Ciganitri Pertanian, Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Pada tahun 2019 MA Salafiyah terdaftar sebagai salah satu sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk dapat mengikuti UNBK, sekolah diwajibkan memiliki infrastruktur yang memadai untuk menjamin suksesnya kegiatan pelaksanaan UNBK. Karena MA Salafiyah belum memiliki infrastruktur yang cukup maka kami membantu kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Bentuk kegiatan berupa pelaksanaan Simulasi II UAMBN-BK, gladi bersih UAMBN-BK, gladi bersih UNBK, UAMBN-BK, dan UNBK. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Laboratorium Pengolahan Sinyal Digital, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom. Peserta berjumlah 16 siswa kelas XII tahun ajaran 2018/2019. Untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut, dibutuhkan 17 komputer (16 client dan 1 server) serta akses internet. Server berupa komputer dengan spesifikasi processor core i7, RAM 8 GB, dan HD 1 TB. Sesuai requirement pelaksanaan UNBK, yang disediakan akses internet hanyalah komputer server. Komputer server digunakan untuk mendownload soal ujian nasional dari server pusat Kementerian Agama dan mengupload hasil jawaban seluruh client (siswa) ke server pusat. Sedangkan antara komputer server dan komputer client menggunakan jaringan lokal.
PENINGKATKAN PENDAPATAN BDC (BUSINESS DEVELOPMENT CENTRE) DI PANGANDARAN MELALUI INFORMASI PENGGUNAAN E-COMMERCE Rahmat Hidayat
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2106

Abstract

Upaya menyiapakan pengelolaan BDC yang menghadirkan kontribusi sognifikan dari pelaku usaha produktif melalui KSM, kegiatan penguatan kapasitas atau pelatihan merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis delam kegiatan pilot BDC. Segala uapaya yang telah dicoba dan dikerahka, akan tetapi masih banyak hal yang masih belum bisa dilakukan secara optimal sebagai contohnya adalah proses pemasaran yang masih terhamba. Rendahnya networking yang dimiliki sehingga perbandingan antara penjualan yang dilakuka belum mampu menutupi biaya oprasional gaji. Rendahnya penjualan dikarnakan minimnya pengetahuan terhadap bisnis E-commerce menjadi hambatan paling besar dalam tubuh BDC. Belum lagi pemberian bran dan konsep packaging yang masih teramat standar dam belum memenuhi syarat sebuah merek atau packaging yang bagus. Dengan adanya kegiatan PKM(Pengabdian Kepada Masayarakat) diharapakan UKM yang bernaung di BDC semakin paham tentang bagaimana caranya megoptimalisasi penjualan melalui media online (e-commerce). Selain itu juga diharapkan bisa membuat merek baru sesuai kebutuhan pasar.
Perancangan Ulang Identitas Visual BDC (Business Development Center) dan Implementasinya pada Media Promosi Yanuar Rahman; Ananda Risya Triani; Lia Yuldinawati
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 1 (2020): Charity - Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v3i1.2183

Abstract

Masalah umum yang menghambat pergerakan dan pengembangan bisnis pada UMKM di antaranya yaitu pendanaan dan pemasaran. Sedangkan, kedua hal tersebut dinilai penting, agar UMKM dapat bersaing hingga pasar global. Salah satu lembaga yang menaungi UMKM atau KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) di Kota Bandung yaitu BDC (Business Development Center). BDC berdiri dalam upaya memfasilitasi proses pertumbuhan dan pengembangan jaringan usaha KSM untuk menghasilkan produk-produk yang unggul sehingga dapat diterima oleh target pasar dan layak bersaing dengan kompetitornya. Oleh karena itu, BDC membutuhkan riset khususnya dalam upaya memaksimalkan identitas visual dan implementasinya pada media promosi, agar lebih merepresentasikan lembaga dan produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh KSM yang dibina oleh BDC. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, wawancara, dan observasi. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dari produk-produk unggulan BDC agar dapat diterima oleh target pasar dan layak bersaing dengan kompetitornya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10